Benarkah Bupati Wardan Pingsan Gara-gara Tertekan oleh Perusahaan?

Bupati-Wardan-Pingsan.jpg
(ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ada cerita menarik jelang pingsannya Bupati Indragiri Hilir, Muhammad Wardan, saat menjadi pembicara dalam acara Seminar dan Lokakarya Nasional Restorasi Lahan Gambut, Selasa, 31 Mei 2016, di Hotel Aryaduta Pekanbaru.

 

Informasi diperoleh RIAUONLINE.CO.ID, satu jam jelang Wardan menjadi pembicara mengupas lahan gambut di Inhil, IA menelepon seseorang. Ketika itu, mantan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau itu mengeluhkan keletihan dan kecapekan serta mendapat tekanan luar biasa dari perusahaan untuk mengeluarkan izin di atas lahan gambut. 

 

"Pak Wardan sejam sebelum tampil, ia sempat menelepon seseorang. Beliau keluhkan kecapekan dan keletihan serta mendapat tekanan dan intervensi dari perusahaan ke dirinya agar mengeluarkan izin konsesi di atas gambut," kata pemuda itu kepada RIAUONLINE.CO.ID, Selasa, 31 Mei 2016, tak berapa lama usai Wardan jatuh pingsan. 

 

Padahal, tuturnya, Presiden Joko Widodo, sudah melakukan moratorium pemberian izin perusahaan di atas lahan gambut. Pemberian izin disertai pembukaan lahan, dianggap sebagai pintu masuk kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) selama ini. Tak hanya itu, Jokowi juga menegaskan segera lakukan restorasi gambut. 

 


Baca Juga: Laba Bank Riaukepri Rp 262,6 M Tergerus untuk Bayar Kredit Macet

 

Sebelumnya, Selasa siang, Bupati Wardan jatuh pingsan saat menjadi pembicara dalam acara Seminar Nasional Bahas Gambut. Usai jatuh pingsan, Wardan langsung dilarikan ke RS Awal Bross, Jalan Sudirman, Pekanbaru, untuk mendapatkan pertolongan pertama dan perawatan.

 

Bupati Inhil, HM Wardan Pingsan

 

Informasi diperoleh RIAUONLINE.CO.ID, Wardan jatuh pingsan bukan karena serangan jantung, melainkan faktor kelelahan. Puncaknya, dua hari terakhir, ia menjalani hari-hari yang padat acara. Mulai menghadiri MTQ Tingkat Kabupaten Inhil di Kateman, Guntung, Minggu, 29 Mei 2016. 

 

Usai hadiri pembukaan MTQ Kabupaten, Bupati Inhil ini dari Guntung ia melanjutkan perjalanan ke Batam, Kepulauan Riau, guna mengejar pesawat terbang ke Pekanbaru. 

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline