Mengaku Buta Demi Jutaan Dolar, Pria Ini Malah Dipenjara

Pura-pura-Buta.jpg
(ABC NEWS)

 

RIAU ONLINE - Seorang pria berpura-pura buta dan mengaku mengalami kecelakaan kerja di sebuah perusahaan semen tahun 2006 untuk mendapatkan kompensasi bernilai jutaan dolar.

 

John Caltabiano, pria 49 tahun dari Catskill, New York mengaku tidak bisa melakukan akivitas hariannya seperti mengemudi, memasak, atau mencukur tanpa bantuan.

 

"Saya duduk dalam kegelapan dan hanya bisa mendengarkan TV," tulis Caltabiano sebelum menghadiri persidangan, sebagaimana dikutip dari Daily Mail, Senin (16/5/2016).


 

Namun beberapa hari sebelum pernyataan itu keluar, penyidik menemukan Caltabiano mengemudikan mobilnya, membaca bahkan menginjak rem untuk menghindari seorang wanita dan seorang anak yang hampir ditabraknya.

 

Beberapa foto yang dikumpulkan penyidik juga tampak Caltabiano masuk ke mobilnya tanpa bantuan. Penyidik juga merekam saat Caltabiano memmbukakan pintu untuk orang lain dan hal itu merupakan hal yang tidak biasa dilakukan seseorang yang tidak bisa melihat.

 

Caltabiano membuat pengakuan palsu itu untuk mendapatkan kompensasi sebesar USD 1.3 juta atau setara Rp 17.3 miliar. Atas pengakuan palsunya tersebut, Caltabiano dijatuhi hukuman empat tahun dan sembilan bulan penjara.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline