Kebakaran Hutan di Kanada Setara Luas Kota London

Kebakaran-Kanada.jpg
(BBC)


RIAU ONLINE - Kobaran api yang membakar hutan di Provinsi Alberta, Kanada semakin membesar dan dikhawatirkan dapat menyebar hingga ke provinsi tetangga, Saskatchewaan.

 

Lebih dari 1.500 kilometer persegi lahan telah dilalap kobaran api. Luasnya setara dengan luas kota London, Inggris.

 

“Kebakaran Fort Mcmurray masih berkobar tak terkendali. Suhu udara diperkirakan mencapai akhir 20-an derajat dan angin bertiup dengan kecepatan 40 kilometer per jam. Dalam kondisi seperti ini, para petugas mengatakan kepada kami bahwa ukuran kebakaran mungkin berlipat ganda di wilayah hutan hari ini,” kata Gubernur Alberta, Rachel Notley seperti dikutip dari BBC Indonesia, Minggu (8/5/2016).

 

Sebanyak 80 ribu orang telah dievakuasi dari Kota Fort McMurray sejak Selasa (3/5/2016). Evakuasi dilakukan melalui udara dengan 300 penerbangan menuju ibu kota Provinsi, Edmonton. Sementara itu, ribuan lainnya berusaha mengungsi dengan iring-iringan kendaraan, namun mereka masih terjebak di bagian utara kota itu.


 

Gubernur Alberta, Rachel Notley mengatakan pihaknya berusaha merampungkan evakuasi pada akhir Sabtu (07/05/2016) waktu setempat.

 

Meski ada perintah meninggalkan kota, menurut kepolisian Kanada seorang pria manula dan lima anggota keluarganya telah ditemukan di Fort McMurray. Mereka lalu dibawa ke tempat aman.

 

Hingga kini, sebanyak 1.600 rumah telah hancur dan belum ada laporan terkait korban yang meninggal atau cedera.

 

Fort McMurray merupakan daerah yang berada di daerah penghasil minyak di Kanada dan disebut-sebut mempunyai cadangan minyak terbesar ketiga di dunia.

 

Namun, akibat kebakaran hebat yang melanda kawasan tersebut, seperempat produksi minyak di Kanada terpaksan dihentikan sementara. Hal ini, menimbulkan kekhawatiran akan memperburuk kondisi ekonomi Kanada.