Ternyata Senam Poco-poco Turunkan Kolesterol

Senam-Poco-poco.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Jangan remehkan mereka yang rajin bersenam poco-poco di lapangan sebelah rumah Anda. Mungkin bila ada pemeriksaan darah, nilai kolesterol mereka akan jauh lebih baik.

 

Sebuah penelitian dilakukan di Sulawesi Utara, asal senam poco-poco ini, menemukan korelasi antara senam poco-poco dengan perbaikan nilai kolesterol darah.

 

Sebanyak 60 perempuan sehat diikutsertakan dalam senam poco-poco selama 30 menit, kemudian denyut jantung, berat badan, dan nilai kolesterol sebelum senam dibandingkan dengan setelah senam.

 

Baca Juga: Heboh, Senam Aerobik Berbikini di Mal


 

Hasilnya, luar biasa, berat badan menurun, denyut jantung meningkat, dan nilai kolesterol baik (HDL) meningkat secara bermakna.

 

Penurunan berat badan selain karena berkurangnya cairan akibat keringat, juga diduga akibat pembakaran lemak sedang terjadi dalam tubuh.

 

Denyut jantung yang meningkat bermakna menunjukkan senam poco-poco telah memenuhi kategori senam erobik, dan meningkatnya HDL juga merupakan petanda bahwa senam ini mampu memobilisasi lemak (trigliserida).

 

Penelitian ini menyimpulkan senam poco-poco dapat dianjurkan sebagai alternatif terapi untuk mencegah dan menangani penyakit jantung koroner atau stroke. (Elizabeth Swanti)

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline