Paus Fransiskus Tampung 3 Keluarga Muslim Suriah di Vatikan

Paus-Fransiskus-dan-Pengungsi-Suriah.jpg
(REUTERS)

RIAU ONLINE - Pemimpin tertinggi Umat Katolik Dunia, Paus Fransiskus, membawa 12 pengungsi Suriah ke Roma, usai pulang dari kunjungan singkatnya ke Pulau Lesbos, Yunani. 

 

Kota Tahta Suci Vatikan, Sabtu, 16 April 2016, merilis, dari 12 pengungsi tersebut, terdapat tiga keluarga muslim, termasuk enam anak-anak akan ditampung Paus Fransiskus di kota suci tersebut. 

 

Keluarga-keluarga tersebut datang dari tiga kota berbeda di Suriah. Semuanya, seperti dilansir dari voaindonesia.com, kehilangan rumah karena pemboman.

 

Baca Juga: Ratusan Anak di Suriah Terlahir Sebagai Pengungsi

 

Paus mengatakan, keputusannya membawa keluarga muslim dan pengungsi Suriah ini kembali ke Roma "murni kemanusiaan" bukannya tindakan politik.


 

Sebelum berangkat dari Lesbos, Paus dan pimpinan gereja Ortodoks Yunani, Bartholomew, serta Uskup Agung Athena Leronymos II, menandatangani deklarasi mendesak masyarakat internasional agar memprioritaskan perlindungan nyawa migran dan memberi suaka sementara bagi orang membutuhkannya.

 

Ketiga rohaniwan tersebut memimpin acara mengheningkan cipta di hadapan ratusan orang di Pelabuhan Mytilene, Lesbos, sebelum menjatuhkan karangan bunga ke laut guna mengenang orang-orang yang meninggal ketika berusaha mencapai Eropa.

 

Pengungsi Suriah dan Paus Fransiskus

 

Sebelumnya, Paus Fransiskus berkunjung ke kamp pengungsi Moria di Lesbos. Orang-orang dewasa dan anak-anak menangis di kompleks luas yang berpagar di Pulau Agea itu.

 

Klik Juga: Pasca Dikuasai ISIS Ditemukan Kuburan Massal di Palmyra

 

Mereka memohon pertolongan setelah perjalanan mereka ke Eropa dipersingkat oleh keputusan Uni Eropa untuk menutup rute digunakan oleh sejuta orang pengungsi yang keluar dari wilayah mereka sedang berkonflik sejak 2015.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline