AS kirim Kapal Perang dan Pesawat Spy P-8A untuk Latihan di Indonesia

Kapal-Perang.jpg
(U.S. Pacific Fleet Photo/DIPLOMAT)

RIAU ONLINE - Amerika Serikat bergabung bersama Indonesia untuk mengikuti Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2016 dan mengirim pesawat perang perusak (Destroyer) dan pesawat mata-mata (Spy).

 

Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2016 sudah dilaksanakan sejak Selasa (12/4/2016) lalu di Padang, Sumatera Barat. Kegiatan ini melibatkan 35 negara dan 18 negara ASEAN-Plus (10 negara Asean plus Australia, Cina, India, Jepang, Selandia Baru, Rusia, Korea Selatan dan Amerika Serikat).

 

Dalam pernyataannya Armada Ketujuh Angkatan Laut AS membenarkan keikutkansertaan AS dalam MNEK 2016. Kapal perang destroyer yang dikirim AS ke Indonesia untuk misi ini adalah kapal perusak berpeluru kendali USS Stockdale (DDG-106) dan kapal Patrol Squadron (VP) 8.


 

Pesawat mata-mata P-8A Poseidon tersebut beberapat bulan terakhir menarik perhatian yang signifikan karena bermanuver di Laut China Selatan yang menimbulkan ketegangan dengan China.

 

"Kami sangat bersemangat untuk melaksanakan fase laut yang menantang dalam mendukung Komodo 2016," kata Komandan USS Stockdale, Cmdr. Sean Grunwell seperti dikutip dari Diplomat.

 

"latihan ini memungkinkan pelaut kami untuk menunjukkan keahlian mereka sebagai pelaut profesional kami beroperasi bersaama-sama di lut dengan kapal-kapal dari angkatan laut di seluruh wilayah," lanjutnya.

 

Komoda 2016 adalah iterasi kedau dari latihan yang pernah dilaksanakan di Batam pada 2014 lalu.