Dokumen Bocor Ungkap Alasan Sejumlah Pemimpin Dunia Terhindar Pajak

Panama-Papers.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Kebocoran besar dokumen rahasia mengungkap bagaimana penguasa terhindar dari pajak untuk menyembunyikan kekayaan mereka.

 

Sebelas juta dokumen yang bocor diantaranya adalah milik perusahaan yang paling rahasia di dunia, firma hukum Panama Mossack Fonseca.

 

Dokumen itu menunjukkan bagaimana Mossack Fonseca telah membantu kliennya dalam pencucian uang, emnghindari sanksi dan menghindari pajak.

 


Dari dokumen itu terungkap bagaimana Mossack Fonseca menawarkan jasa keuangan yang dirancang membantu klien bisnis untuk menyembunyikan kekayaan mereka.

 

Dilansir dari BBC, perusahaan itu mengaitkan 72 mantan dan pemimpin negara berkaitan dengan dokumen tersebut, termasuk diantara masuk Perdana Menteri Islandia, Sigmundur Gunnlaugsson yang sudah mengumumkan kekayaan istrinya dan kini tengah menghadapi seruan untuk mengundurkan diri.

 

Dokumen juga mengungkapkan miliaran dolar pencucian uang yang diduga melibatkan rekan dekat Presiden Putin.

 

Direktur, Internasional Consortium of Investigative Journalists (ICIJ), Gerard Ryle, mengatakan dokumen-dokumen itu menutupi bisnis sehari-hari Mossack Fonseca selama 40 tahun terakhir.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline