Kunjungan Wartawan Indonesia ke Israel Dipersoalkan

Perdana-Menteri-Israel-Benjamin-Netanyahu.jpg
(AP)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Anggota Komisi I DPR yang membidangi masalah luar negeri Tantowi Yahya kepada VOA hari Selasa (29/3) menilai wajar saja ada wartawan-wartawan Indonesia yang menerima undangan kunjungan ke Israel. Menurutnya, pers Indonesia sudah sangat dewasa dan mengerti tentang garis politik Indonesia terhadap Israel, dan wartawan bukan penyelenggara negara sehingga mereka bisa saja datang ke Israel.

 

Enam wartawan yang diundang pemerintah Israel itu berasal dari Tempo, Kompas, Bisnis Indonesia, Metro TV, Jawa Pos dan Jakarta Post.

 

Tantowi mengatakan Israel telah berusaha melakukan berbagai cara untuk mendekati Indonesia, dengan mengundang sejumlah kalangan – termasuk wartawan – dari Indonesia. Israel tambah Tantowi tampaknya berharap pers Indonesia mendapatkan informasi yang berimbang dan bukan hanya dari satu sisi saja.

 

"Kita tidak akan membuka hubungan diplomatik dengan negara-negara penjajah. Israel itu negara penjajah karena mengokupasi wilayah Palestina. Pers kita sangat dewasa dan mengerti mengenai garis politik kita," ujar Tantowi. (KLIK: Penggugat dalam Citizen Lawsuit Mau Damai, Asalkan Begini)

 


Sebaliknya, Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq justru mengecam pertemuan wartawan-wartawan senior Indonesia dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Tel Aviv. Kunjungan tersebut dinilai Mahfudz sangat kontradiktif dengan sikap Indonesia yang sejak awal menentang penjajahan Israel di Palestina dan mendukung kemerdekaan Palestina.

 

Mahfudz menilai undangan itu dimaksudkan supaya para wartawan senior itu membantu membentuk opini alternatif. Para wartawan senior, kata Mahfudz, tidak bisa menggunakan dalih bahwa mereka hanya sekedar memenuhi undangan Israel saja. Kedatangan mereka jelas menggambarkan bahwa mereka tidak sensitif terhadap sikap masyarakat dan pemerintah Indonesia.

 

Seperti dilansir Kementerian Luar Negeri Israel, dalam pertemuan dengan wartawan-wartawan senior Indonesia hari Senin (28/3), PM Benjamin Netanyahu menyatakan Israel akan memulai babak baru dalam hubungannya dengan Indonesia. (LIHAT: Presiden Mangkir di Sidang Perdana Citizen Lawsuit Masyarakat Riau)

 

Pemimpin Redaksi Tempo Arief Zulkifli mengatakan berdasarkan informasi yang diterimanya, agenda undangan tersebut adalah untuk mendalami lebih lanjut tentang budaya, masyarakat dan politik Israel. Ditegaskannya bahwa tidak ada kaitan antara dukungan pemerintah dan masyarakat Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina, dengan memenuhi undangan pemerintah Israel.

 

Arief Zulkifli mengatakan sikap Tempo adalah sangat mendukung kemerdekaan Palestina dan mengecam tindakan kekerasan Israel terhadap warga Palestina.

 

Arief menjelaskan, "Kalau ada wartawan pergi ke Israel atas undangan pemerintah Israel, LSM Israel, itu tidak berarti mengurangi dukungan kita terhadap kemerdekaan Palestina. Saya kira itu yang penting dicatat. Wartawan adalah sebuah profesi yang harus terbuka kepada semua pihak yang terlibat dalam sebuah konflik."

 

Hari Senin (28/3) Perdana Menteri Benjamin Netanyahu bertemu dengan wartawan-wartawan senior Indonesia yang datang ke Israel atas undangan dan inisiatif dari Kementerian Luar Negeri Israel. (VOA Indonesia)