Enam Cara Praktis Bersihkan Kontak Lensa

Kontak-Lensa.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Apapun jenis lensa kontak Anda, perawatan lensa kontak yang baik dan benar harus dilakukan agar selalu dalam keadaan laik pakai.

 

Perawatan lensa kontak secara teratur akan menjaga lensa selalu dalam kondisi lembap, melindungi lensa dari tumpukan kotoran dan mikroba berbahaya bagi kesehatan mata.

 

Baca Juga: 12 Cara Lenyapkan Kantong Mata Anda

 

1. Cuci, bilas, dan suci-hamakan lensa kontak setiap kali dilepas, bila akan digunakan kembali, serta jika telah disimpan           lebih dari 12 jam dan akan digunakan lagi. 

 

2. Selain perawatan harian, setiap minggunya lensa kontak harus menjalani perawatan untuk membersihkan sisa protein          mungkin belum terangkat dalam perawatan harian. 

 


Lensa Kontak

 

3. Gunakan hanya produk perawatan lensa dianjurkan sewaktu membeli lensa kontak. Jangan mengganti mereknya tanpa         konsultasi terlebih dahulu.

 

4. Sebaiknya pilih larutan pembersih lensa yang tidak mengandung pengawet.

 

5. Wadah lensa kontak pun memerlukan perawatan yang sama: dicuci, dibilas, dan diangin-anginkan setelah digunakan.           Gantilah wadah lensa kontak secara berkala. 

 

6. Soft lens harus disimpan dalam larutan disinfektan telah ditentukan. Dalam keadaan darurat, lensa kontak jenis RGP boleh    disimpan dalam air keran, tapi sebelum digunakan tetap harus dibersihkan dan dilembapkan terlebih dahulu dengan              merendamnya dalam larutan disinfektan

 

Klik Juga: Segera Periksa! Hindari Kanker Mata pada Anak

 

Dengan disiplin dan perawatan yang memadai, lensa kontak bisa menjadi sahabat Anda yang setia. Penampilan dan kesehatan mata Anda pun terjaga. (Elizabeth Swanti)

 

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline