Calon Menteri Myanmar Pakai Gelar Doktor Abal-abal

Aung-San-Suu-Kyi.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Belum lagi sah menjabat, calon Menteri Keuangan Myanmar, Kyaw Win (68) sudah tersandung penggunaan gelar akademis palsu. Ironisnya, hal itu terkuak saat daftar riwayat hidupnya diumumkan ke masyarakat.

 

Dalam riwayat hidupnya disebutkan bahwa dia mendapat gelar PhD dari sebuah universitas di Pakistan yang terlibat dalam skandal penipuan akademis internet. Wartawan BBC di Myanmar, Jonah Fisher, melaporkan berdasarkan riwayat hidupnya, Kyaw In meraih gelar doktor dari Brooklyn Park University di Amerika Serikat.

 

BACA JUGA : Ini Alasan kenapa Suu Kyi tak Bisa Jadi Presiden Myanmar


 

Namun universitas itu tidak pernah ada walau pernah muncul di internet sampai koran New York Times melakukan investigasi dan menemukan skandal penjualan gelar lewat internet tersebut.

 

KLIK JUGA : Miris, Sekolah di Pekanbaru Ini Lebih Parah Dari Laskar Pelangi

 

Kyaw Win tidak menampik. Ia mengaku gelarnya palsu saat ditanyai koran Myanmar Times. Menurut Kyaw, dia sudah menghentikan penggunaan gelar Doktor itu. Namun, pemantauan cepat di situs internet Linked in pada Rabu 23 Maret memperlihatkan gelar doktor itu masih ada.

 

Namun, saat hal itu ditanyakan kepada juru bicara partai NLD pimpinan Aung San Suu Kyi, wartawan BBC menerima jawaban bahwa hal Itu tidak masalah. Lalu, sambungan telepon langsung ditutup.