Diduga Terlibat Pendanaan ISIS, Australia Tangkap Gadis 16 Tahun

Pejuang-ISIS.jpg
(BBC)

RIAU ONLINE - Seorang gadis remaja berusia 16 tahun bersama pria berusia 20 tahun, ditangkap polisi Australia atas dugaan pengumpulan dana untuk mendukung operasi kelompok militan Negara Islam (ISIS).

 

Penangkapan terjadi di pinggiran kota Sydney dalam operasi kontra-terorisme yang ditujukan untuk menggagalkan serangan radikal domestik dan membongkar aliran dana untuk para pejuang asing di luar negeri.

 

"Kami mengantisipasi bahwa kedua orang ini akan diadili hari ini dan menghadiri sidang dan tuduhan yang kami antisipasi akan mereka hadapi adalah pendanaan terorisme," kata Deputi posili negara bagian New South Wales, Komisaris Catherine Bakar, seperti dikutip dari Reuters.

BACA JUGA: Rekrut Pejuang Teroris ISIS di AS, Pria Ini Divonis Lebih dari 22 Tahun Penjara

 


"Kami akan membuktikan bahwa mereka terlibat dalam memperoleh uang untuk membantu kegiatan ISIS," lanjutnya.

 

Lembaga anti pencucian uang Australia pada bulan November mengatakan dugaan pembiayaan untuk kelompok-kelompok militan meningkat hingga tiga kali lipat dalam satu tahun terakhir, dengan nilai lebih dari A$50 juta (Rp 498,8 miliar).

KLIK JUGA: Seorang Warga AS Bergabung dengan ISIS, AS Mulai Selidiki

 

Pihak berwenang meyakini bahwa puluhan warga negara Australia telah melakukan perjalanan ke Suriah dan Irak untk berjuang bersama ISIS.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline


Sumber: Reuters