Peneliti: Virus Zika Juga Bisa Bikin Tuli

Virus-Zika.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Virus Zika yang sempat dihebohkan dunia beberapa waktu lalu ternyata memiliki dampak yang lebih parah lagi. Sebuah studi pada rumah sakit John Hopkins di kota Baltimore, Maryland, menunjukkan bahwa virus Zika menginfeksi dan membunuh sel-sel yang membentuk otak.


Studi lainnya yang melibatkan perempuan hamil di Brazil menunjukkan ketidak normalan pada 29 persen janin perempuan yang positif terkena virus Zika dan menjalani pemeriksaan ultrasound.

 

Dr. Anthony Fauci dari Lembaga Kesehatan Nasional mengatakan angka itu sangat memprihatinkan. "Kami hampir pasti ada bentuk-bentuk abnormal yang lebih kecil yang tidak terdeteksi oleh ultrasound. Jadi, saya kira dampaknya pada janin akan lebih tinggi daripada hanya 29 persen," ungkap Fauci.

 

BACA DAN TONTON JUGA : Bocah 4 Tahun Ini Langsung Berdiri Usai Ditabrak dan Dilindas Mobil Van


 

Abnormalitas ini termasuk penglihatan yang buruk, tuli, intelek yang rendah dan lebih banyak lagi. Dampaknya bahkan terjadi pada bayi-bayi yang tampak lahir normal. 

 

KLIK JUGA : Meriahnya Penabalan Gelar Adat Rida K Liamsi

 

Saran Dr. Fauci tidak banyak memberi harapan khususnya bagi perempuan miskin di Amerika Latin dan Karibia. "Jangan (sampai) kena infeksi. Lakukan vaksinasi untuk mencegah infeksi. Itu cara terbaik untuk mencegahnya," kata Fauci.

 

Tapi saat ini belum ada vaksin. Meskipun penelitian mengalami kemajuan pesat, masih dibutuhkan waktu dua sampai tiga tahun sebelum vaksin tersedia. Satu-satunya cara lain untuk melindungi diri dari virus itu adalah dengan menggunakan celana panjang dan baju lengan panjang, menggunakan semprotan nyamuk dan membunuh nyamuk serta telurnya.