TNI AU Bangun Pertahanan Udara Radar Automatis di Pekanbaru

KSAU-Marsekal-TNI-Agus-Supriatna.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/RIZKI KURNIAWAN)

Laporan: Rizki Kurniawan


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Agus Supriatna, mengatakan, Mabes TNI AU akan memperpanjang landasan pacu (runway) Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru. 

 

Tak hanya memperpanjang landasan pacu yang juga digunakan untuk Bandara Sultan Syarif Kasim II (SSK II), KSAU mengungkapkan, bakal ada pembangunan Skuadron Teknik (Skatek) yang menunjang aktivitas Lanud Tipe A Roesmin Nurjadin.

 

“Selain itu, kita juga akan menambah armada pesawat tempur F-16. Pesawat ini merupakan pesawat tempur model terbaru dan ukurannya lebih besar dari tipe Hawk, sebelumnya telah digunakan di Lanud Pekanbaru ini,” kata perwira bintang empat itu, Selasa, 15 Maret 2016, saat melakukan kunjungan kerja di Pekanbaru.

 

Baca Juga: Lanud Pekanbaru Bakal Didatangi KSAU, Apa Agendanya 

 


Kunjungan kerja KSAU di Pekanbaru selama dua hari. Hari pertama, Senin, 14 Maret 2016, Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak) Lanud, Mayor Sus Rizwar mengatakan, Marsekal Agus mengecek seluruh peralatan tempur dan fasilitas Lanud.

 

KSAU Marsekal TNI Agus Supriatna Menuju Pesawat

KEPALA Staf TNI Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Agus Supriatna, berjalan menuju pesawat militer TNI AU, Selasa, 15 Maret 2016, di Lanud Roesmin Nurjadin. Kunjungan kerja KSAU ini selama dua hari guna melihat kesiapan Lanud sebagai Lanud Tipe A.

 

Mantan Atase Pertahanan Indonesia di Singapura ini kemudian menjelaskan, TNI AU akan membangun pertahanan misil udara berbasis radar automatis sebanyak empat unit di Lanud. Ujicoba Pertahanan Misil Udara ini, tutur Agus, akan dilakukan di lokasi Area Weapon Range (AWR) di Siabu, Bangkinang. 

 

“Untuk membangun itu semua, penambahan skuadron, detasemen, dan perluasan lahan tentu membutuhkan anggaran tidak sedikit. Kita sudah bicarakan ini (dana) dengan Plt Gubernur Riau,” kata Agus Supriatna sebelum menuju pesawat militer jenis Boeing bertuliskan TNI Angkatan Udara Indonesia Indonesia Air Force di bagian bodinya. 

 

Klik Juga: Roesmin Nurjadin, Bapak Tim Aerobatic Indonesia

 

Pelaksana Tugas Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, saat ditanyakan mengenai bantuan apa yang akan diberikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) ke TNI AU, ia mengatakan, harus ada regulasi kembali untuk mengatur itu semua.

 

"Karena ini untuk kepentingan keamanan negara, harus ada regulasi kembali dengan kementerian terkait di pusat dan ini akan di-follow up kembali bersama" ujarnya.

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline