Pertama Kalinya, Warga Muslim di Inggris Tembus Tiga Juta Jiwa

Pada-1991-lalu-jumlah-warga-Muslim-950.000-orang.jpg
(BBC INDONESIA)

RIAU ONLINE - Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Nasional Statistik (ONS), Untuk pertama kalinya jumlah warga Muslim di Inggris menembus angka tiga juta jiwa.

 

Data ONS menunjukkan warga Muslim telah meningkat sejak tahun 2014 yang telah mencapai 5,4 persen dari total populasi atau setara dengan 3.114.992 orang.

 

Seperti dilansir dari BBC Indonesia, menurut Mingguan Mail on Sunday yang memperoleh data ONS, kenaikan warga muslim disebabkan oleh imigrasi dan tingkat kelahiran.

(BACA JUGA: Mengapa China Miliki Masjid Khusus Wanita?)

 


Proporsi penduduk Muslim di beberapa kawasan di Ibu Kota London bahkan telah mencapai hampir 50 persen, seperti di Tower Hamslet dan Newham di London Timur. Mingguan Mail on Sunday memperkirakan, jika tren ini berlanjut, maka dua kawasan Muslim ini akan menjadi warga mayoritas dalam kurun 10 tahun mendatang.

 

Sementara itu diluar Kota London, proporsi warga Muslim yang cukup signifikan berada di Blackburn 29 persen, Slough 26 persen, Luton 25,7 persen, Birminghan 23 persen, Leicester 20 persen, dan Manchester sebesar 18 persen.

(KLIK JUGA: Bosnia, Negara Islam yang Melarang Penggunaan Hijab bagi Muslimah)

 

Juru bicara Dewan Muslim Inggris mengatakan statistik menunjukkan keberagaman masyarakat di Inggris yang modern.

 

Data memperlihatkan, Islam adalah salah satu agama dengan pertumbuhan tertinggi di Inggris. Pada 1991 silam jumlah warga Muslim di Inggris tercatat sekitar 1,9 persen atau 950.000 jiwa dari total penduduk.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline