Ini Jaminan Bulog Terkait Ketersediaan beras di Riau

beras-bulog.jpg
(INTERNET)

 

 

Penulis: Wilna Sari

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Badan Urusan Logistik (Bulog) Riau Kepri menjamin pasokan beras di wilayah itu untuk lima bulan ke depan guna menjaga stabilitas harga beras jelang memasuki musim kemarau.

 


Kepala Bidang Pelayanan Publik Bulog Divisi Regional Riau Kepri Tommy Despalingga mengatakan, sesuai tupoksinya saat ini stok beras yang dimiliki Bulog cukup untuk memenuhi kebutuhan beras di Riau Kepri hingga lima bulan kedepan.

 


BACA JUGA : Jelang Kemarau, TPID Antisipasi Gejolak Harga Pangan di Riau

 

“Stok kami cukup untuk kebutuhan di Riau Kepri lima bulan mendatang. Selain itu kami juga menyerap beras yang dihasilkan petani, contohnya di Rokan Hilir yang sekali panen hingga 3 ton. Kami membeli berapa pun beras yang dihasilkan dengan harga Rp7.300 per kilogram dan itu langsung disetor ke gudang Bulog,” katanya.

 

KLIK JUGA : Bank Mandiri Hadir di Kota Bengkalis

 

Di samping menampung hasil panen beras yang dijual para petani, kata Tommy, Bulog juga dapat terlibat dalam pendistribusiannya.

 

"Penyaluran dapat dilakukan Bulog pada daerah yang kekurangan stok. Dengan begitu, bantuan tersebut dapat mengantisipasi timbulnya gejolak harga, apalagi menjelang musim kemarau ini,” katanya.

 

Khusus untuk penyaluran raskin, sejauh ini berjalan lancar dan periode Januari-Februari telah disalurkan 100 persen khusus untuk Kota Pekanbaru.

 

"Sementara daerah lainnya terus diupayakan bisa mencapai posisi itu. Saat ini kami sedang fokus menyiapkan penyaluran raskin periode Maret-April. Setelah periode itu Bulog akan mengajukan penambahan kuota raskin kepada Bulog pusat agar mengirimkan beras tambahan dari Jawa Timur, Sumsel, atau DKI Jakarta," katanya.