Ini Tips Jika Ingin Sukses Ala Ketua KNPI Riau

Ketua-KNPI-Riau-Ari-Nugroho-Arsadianto.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Riau, Ari Nugroho Asyadianto, mengatakan, untuk menjadi pengusaha sukses harus mampu bertanggung jawab, kreatif dan harus memiliki jiwa kepemimpinan. 

 

"Sikap-sikap pemimpin yang sukses dalam berwirausaha itu harus memiliki tujuan yang jelas. Selain itu, dibutuhkan juga tanggung jawab serta kreativitas dan keberanian," kata Ari saat menjadi pembicara pada Latihan Kepemimpinan Mahasiswa Tingkat Dasar diselenggarakan BEM Universitas Lancang Kuning, Sabtu (27/2/2016), di Gedung Puskom. 

 

Kepemimpinan, menurutnya adalah proses pengaruh mempengaruhi orang untuk mencapai suatu tujuan. Wirausahawan yang sukses sebut Ari, harus mampu memiliki jiwa kepemimpinan tersebut.

 

Mengapa kepemimpinan penting dalam berwirausaha? Ari juga pengusaha di bidang distributor ini mengatakan, ini akan memudahkan pelaksanaan berwirausaha terorganisir dengan baik. Selanjutnya, pemimpin merupakan jabatan paling tinggi dan sangat vital dalam kewirausahaan.


 

(Baca Juga: Universitas Riau Tolak LGBT dan Syiah

 


Sementara itu, Presiden Mahasiswa BEM Unilak, Andika Rokan, mengatakan, dalam waktu dekat ia akan membuka usaha kedai angkringan khas Jogja dikelola kelembagaan mahasiswa di dalam kampus.

 

Usaha makanan tersebut, tuturnya, sebagai upaya mengajak para aktivis mahasiswa memulai wirausaha (entrepreneurship). Kedai angkringan yang akan dibuatnya juga sebagai tempat berkumpul dan berdiskusi.



"Pelatihan kepemimpinan ini untuk memajukan kelembagaan mahasiswa. Kemudian menciptakan pola pemikiran yang lebih maju bagi mahasiswa. Yaitu menanamkan jiwa kepemimpinan dan siap untuk berwirausaha supaya mengharumkan almamater kampus dan bangsa," kata mahasiswa semester delapan jurusan Ilmu Hukum Universitas Lancang Kuning.



Saat sesi tanya jawab, Budihartono, peserta pelatihan kepemimpinan mengajukan pertanyaan tentang modal awal dalam menjalankan wirausaha. Selain itu, bagaimana meyakinkan investor untuk memberikan modal wirausaha yang kita rancang?



"Tiga modal terpenting dalam bisnis selain uang adalah yang pertama keberanian, selanjutnya soal kreativitas dan inovasi”, jawab Ari singkat.

 

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline