Bom Meledak di Kawasan Syiah, 38 Orang Tewas

isis.jpg
(AP)

RIAU ONLINE - Sedikitnya 38 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka saat dua bom meledak di sebuah pasar di ibukota Irak, Bagdad, Minggu (28/2/2016). Kawasan yang disebut Sadr City ini mayoritas ditempati warga Syiah.

 


Kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) telah mengaku melakukan serangan yang terjadi di kawasan itu. Usai ledakan, lokasi kejadian terlihat dipenuhi genangan darah, sandal, sepatu, dan telepon genggam milik para korban.

 

ISIS, yang disebut berlatar belakang kelompok Sunni, pun mengaku akan terus melakukan serangan terhadap umat Syiah.

 

Dalam beberapa serangannya, kelompok militan ini sengaja menggunakan bom ganda untuk mencapai jumlah korban jiwa yang besar. Biasanya, bom kedua diledakkan saat orang-orang tengah panik, atau membantu korban lain akibat bom pertama.


 

BACA JUGA : Pesan Australia ke Warganya : Hati-hati di Indonesia

 

Sebelumnya, pada hari yang sama, pengebom bunuh diri ISIS dan sekelompok pria bersenjata melakukan serangan di Abu Ghraib, di pinggiran Ibu Kota Teheran, dan menewaskan 13 tentara serta polisi.

 

KLIK JUGA : ISIS Rilis Video Ancam Pendiri Facebook dan CEO Twitter

 

Kelompok militan ini kehilangan kekuasaan atas beberapa wilayah di Irak yang sebelumnya mereka kendalikan. Hal ini menyusul serangan pasukan Irak dan Kurdi yang mendapat bantuan dari serangan udara koalisi pimpinan Amerika Serikat.

 

Otoritas di Irak mengatakan sedang menyiapkan serangan untuk merebut kembali Kota Mosul, yang merupakan kota terbesar di Irak utara yang masih dikuasai ISIS.