Pemrov Riau Dukung Lembaga Jasa Keuangan Salurkan KUR

Kredit-Usaha-Rakyat-KUR.jpg
(INTERNET)

Penulis: Wilna Sari

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau mendukung penuh perbankan atau lembaga jasa keuangan non bank lainnya yang ikut mendorong pertumbuhan ekonomi lewat pembiayaan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR).


Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Provinsi Riau Muhammad Yafiz mengatakan sebelumnya pemerintah provinsi telah membentuk badan usaha daerah yaitu Riau Ventura untuk mendukung usaha kecil dan mikro.


“Bentuk dukungan tersebut berupa akses informasi yang dibutuhkan. Upaya lain seperti diskusi antara pemrov dan perusahaan jasa keuangan tentang kebutuhan masing-masing kelompok,” katanya, Rabu (25/2/2016).


Diskusi antara pemprov dan perusahaan jasa keuangan tentang kebutuhan masing-masing kelompok agar tujuan utama dalam mengembangkan usaha kecil yang diharapkan dapat tercapai.



“Tentu saja bisa dilakukan, apa pun keperluan dan kebutuhan perusahaan jasa keuangan untuk tujuan mengembangkan usaha kecil bisa dilaksanakan secara bersama-sama,” katanya.


Selain dukungan untuk penyaluran dana KUR, juga ada aturan pelarangan dana KUR untuk membiayai perkebunan tanaman keras seperti kelapa sawit, telah dicabut oleh OJK dan BRI berkomitmen untuk ikut serta dalam pengembangan usaha perkebunan tersebut.

(BACA JUGA: Bantu Usaha Rakyat, BRI Sediakan Rp 1, 9 Triliun di Riau)

 

Pimpinan Wilayah BRI Provinsi Riau Sutarno mengatakan pihaknya bisa ikut membiayai proses replanting perkebunan kelapa sawit milik petani swadaya.


"Dengan syarat, kebun sawitnya sudah memasuki masa tanam kembali agar dapat memberikan kemudahan bagi petani kecil," katanya.


Adapun selain penyaluran KUR, Bank BRI di Provinsi Riau juga menjalin kerja sama dengan pemerintah di tingkat kabupaten dan kota setempat dalam mendorong meningkatnya akses perbankan dan gerakan non tunai (cashless society).
Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline