Apindo Minta Pemda di Riau Harus Kreatif Cari Pangsa Ekspor Baru

Pompa-Mesin-Angguk-Minyak.jpg
(AP)

Penulis: Wilna Sari

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU – Asosiasi Pengusaha Indonesia (DPP Apindo) Riau menyarankan pemerintah daerah untuk mengubah orientasi ekspor selama ini didominasi bahan mentah (raw material), ke bahan jadi atau produk turunan.

 

Tak hanya itu, Apindo juga meminta Pemda mencari peluang pasar ekspor yang baru. Alasannya, harga minyak mentah di pasar global belum juga membaik.

 

(Baca Juga: Putus Kontrak, Karyawan Sub-Kontraktor Chevron Ini tak Bekerja

 

Ketua DPP Apindo Riau, Wijatmoko Rah Trisno, mengatakan pemerintah Provinsi Riau harus mencari peluang pasar ekspor baru untuk komoditas andalannya.


 

Dalam jangka pendek ini, Riau belum mampu memulihkan nilai ekspor karena masih bergantung pada ekspor komoditas mentah.

 

“Untuk mensiasatinya, Pemda harus mencari peluang yaitu pasar ekspor baru di luar negara atau kawasan saat ini tengah mengalami konjungtur resesi,” katanya, Rabu (3/2/2016).

 

Kawasan dimaksud, tutur Wijatmoko, China dan India, kini mengalami perlambatan ekonomi bahkan masuk pada level resesi, berimbas turunnya permintaan komoditas unggulan dari Riau.

 

Guna mewujudkan hal itu, sarannya, Pemda harus turun tangan langsung memberikan kemudahan kepada investor, memberikan jaminan kepastian investasi, dan mengeluarkan kebijakan pabrik efisiensi ekonomi, sehingga membantu mengatasi masalah ekonomi biaya tinggi yang kerap membebani pengusaha.

 

(Klik Juga: Beginilah Susahnya Jadi Pengusaha Kecil, Sulit Peroleh Sertifikat SNI

 

“Itu beberapa hal yang harus diperhatikan pemda agar ekonomi Riau tetap berjalan dengan baik di tengah turunnya harga minyak mentah di pasar global, tinggal kemauan pemda untuk menjalankannya,” katanya.

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline