Waspadai Gelombang Tinggi di Perairan Kepri

kapal-gelombang.jpg
(INTERNET)

 

RIAU ONLINE, BATAM - Badan Meteorolgi Klimatologi Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam mengingatkan para nakhoda agar waspada terhadap gelombang setinggi sekira 1,5 meter hingga 3 meter yang terjadi di Perairan Kepulauan Riau (Kepri). Musim angin utara memicu gelombang tinggi dan cuaca yang berubah-ubah.

 

"Pelaku transportasi agar waspada. Musim angin utara memicu gelombang tinggi dan cuaca yang berubah-ubah," kata Kepala BMKG Hang Nadim Batam, Philip Mustamu, Selasa (2/2/2016).

 

Ia menambahkan, ombak setinggi 3 meter juga berpeluang terjadi pada perairan Natuna dan Anambas. Sementara untuk wilayah lain seperti Batam, Bintan, Tanjungpinang, Lingga, dan Karimun, maksimal 1,5 meter. (Baca Juga: Tiga Kabupaten di Riau Ini Gagal Panen)


 

Kondisi tersebut bisa saja membahayakan kapal-kapal yang berlayar khususnya dengan ukuran kecil sehingga perlu kewaspadaan.

 

"Meskipun pagi ini di Batam hujan, namun perkiraan kami tidak akan berlangsung lama. Sebab kecederungannya curah hujan berkurang," ujar Mustamu.

 

Meskipun demikian, namun awan Cumulonimbus masih terus tumbuh di wilayah udara Kepri dan mengakibatkan tekanan udara rendah.

 

"Potensi hujan masih ada, namun internsitasnya akan terus menurun sampai beberapa hari kedepan. Hujan sifatnya hanya lokal," kata Philip.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline