Belum Lama Usai Direnovasi, Rumah Pensiunan TNI Terbakar

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Rumah salah seorang warga Kelurahan Tangkerang Timur ludes terbakar, Selasa (26/1/2016) sore. Pemilik rumah yang seorang pensiunan TNI sedang tidak berada di tempat. Dugaan sementara kebakaran terjadi karena korsleting listrik yang menjadi api.

 

Akmal, sang pemilik yang mendapati rumahnya sudah hangus terbakar, mengais sisa-sisa barangnya yang bisa diselamatkan. Tak ada komentar apa-apa keluar dari mulutnya. Tampak ia masih sangat terpukul atas kejadian yang menimpa keluarganya.

 

Menurut salah seorang saksi di lokasi kebakaran, api mulai tampak pada Pukul 15.15 Wib. Api berasal dari kamar yang berada di lantai atas yang berada di sisi belakang rumah. (Baca Juga: Gugatan Indra Putra Dilanjutkan MK)

 

"Api pertama kali dilihat oleh anak-anak kecil yang lagi main di depan rumah itu. Terus ada anak tetangga yang teriak ada api. Yang lain lihat dan bilang ke saya. Terus waktu saya lihat ternyata udah lumayan besar apinya. Langsung saya teriak sama tetangga yang lain," jelas Rita, tetangga yang rumahnya berada di samping rumah Akmal yang terbakar.

 

Melihat rumah yang terbakar, seluruh tetangga lalu menghubungi pemadam kebakaran. Namun Rita menuturkan, mobil pemadam kebakaran baru datang hampir setengah jam setelah rumahnya terbakar. "Waktu datang itu sudah banyak yang terbakar. Api sudah besar sekali," kenangnya.


 

Komandan Regu Pemadam Kebakaran Kota Pekanbaru, Rosdianto mengatakan, timnya sampai sekitar Pukul 15.35 Wib. Ia mengerahkan 7 mobil pemadam kebakaran. (Klik Juga: Pol Air Siak Tangkap Enam Kubik Kayu Olahan)

 

"Kita kerahkan 7 mobil pemadam. Dan syukur sekali, waktu kita datang langsung turun hujan. Api jadi lebih cepat padam. Dan sekarang kita sedang periksa sisa bangunannya apakah masih ada sisa api atau tidak," ungkap Rosdianto.

 

Selasa (26/1/2016) sore pada Pukul 17.15 wib api sudah benar-benar padam. Kebakaran tersebut menghanguskan hampir seluruh bagian rumah keluarga Akmal.

 

Andi, salah seorang tetangga Akmal mengatakan, beberapa waktu yang lalu keluarga Akmal baru saja melangsungkan pernikahan salah seorang anak perempuannya. Resepsi diadakan di rumah tersebut, yang kebetulan juga belum lama dilakukan pemugaran jelang pernikahan.

 

"Kasian kali keluarganya, padahal baru dua minggu anaknya gelar pernikahan di sini dan sekarang habis semuanya. Tak banyak yang bisa diselamatka karena tak ada yang bisa masuk. Rumahnya terkunci karena seluruh penghuninya sedang tak ada di rumah," kata Andi.

 

Bangunan rumah Akmal hanya menyisakan ruang tamu dan satu kamar saja. Sedangkan 3 kamar lain, ruang tengah, dapur dan gudang sudah hangus terbakar. Surat sertifikasi istri Akmal yang merupakan guru juga terbakar bersama dokumen penting lainnya.

 

Menurut Andi, sementara ini keluarga Akmal akan tinggal di rumah saudaranya atau tetangg terdekatnya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline