Efek Sianida di Kopi Mirna Bisa Membunuh 25 Orang

RIAU ONLINE, JAKARTA - Secangkir kopi yang diminum Wayan Mirna Salihin (27), memiliki efek membunuh yang luar biasa. Efek membunuh itu datang dari senyawa kimia bernama Sianida. Kandungan sianida di dalam kopi tersebut bisa membunuh 20-25 orang.

 

"Secangkir kopi Mirna dapat mengakibatkan kematian 20 sampai 25 orang," kata Kepala Disaster Victim Identification (DVI) Polri Kombes (Pol) Anton Castelani di Jakarta, Selasa (19/1/2016).


Sianida, lanjut Anton, adalah senyawa kimia berbentuk gas/kristal/serbuk/cair yang dapat mengakibatkan kematian dengan menghambat pengambilan oksigen oleh jaringan sehingga menyebabkan asfiksia atau kekurangan oksigen. (Baca Juga: Kebun Sawit Diwaspadai Menjadi Basis Latihan Kelompok Radikal)

 

Dalam bentuk hidrogen (gas), sianida dapat mengakibatkan kematian dalam jumlah 50 sampai 100 miligram. Sementara dalam bentuk serbuk, Sianida dapat mengakibatkan kematian dalam jumlah 150 sampai 200 miligram.


 

"Senyawa ini digunakan sehari-hari untuk fumigasi dan industri logam," ujar Anton.

 

Polisi pun sedang mencari siapa pelaku yang memasukan racun itu hingga akhirnya Mirna meninggal dunia. Mirna tewas usai meminum es kopi Vietnam di Kafe O, Grand Indonesia, Rabu (6/1/2016) lalu.

 

Melalui penyelidikan berdasarkan scientific identification, diketahui ada senyawa sianida di dalam kopi yang Mirna minum. Polisi belum berhasil menemukan tersangka pembunuh Mirna. Namun, polisi sudah meningkatkan status perkara dari penyelidikan ke penyidikan.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline