Jumlah Penderita HIV di Bengkalis Meningkat di Tahun 2015

Hiv-Aids.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Kasus HIV/AIDS di Kabupaten Bengkalis pada 2015 meningkat dibanding 2014. Sekretaris Komisi Penanggulan AIDS (KPA) Kabupaten Bengkalis, Ismal Mahyuddin mencatat tahun 2015 di Kabupaten Bengkalis terdapat 314 kasus HIV, 57 AIDS dan 43 orang meninggal dunia.

 

"Berbeda dari 2014 lalu kasus HIV di daerah itu tercatat 239, AIDS 51 orang dan meninggal 33 orang," kata Ismail di Bengkalis, Selasa (5/1/2016).

 

Menurut Ismail, penyakit HIV merupakan penyakit yang paling mematikan dan membahayakan lebih dari penyakit ganas lainnya seperti kanker. HIV mampu menghancurkan dan mematikan fungsi kerja organ penting dalam tubuh manusia.


 

"HIV akan mudah ditularkan pada hubungan seksual terutama bagi mereka yang sering berganti-ganti pasangan, serta penggunaan narkoba dengan jarum suntik," katanya. (Klik Juga: Angka Pengangguran di Riau Meningkat

 

Sementara dalam pendataan KPA, ia menyampaikan penularan HIV di daerah itu kebanyakan akibat dari hubungan seksual.

 

Dijelaskannya, dari delapan kecamatan di Kabupaten Bengkalis, penyumbang terbanyak kasus HIV ini adalah Kecamatan Mandau dan Kecamatan Pinggir. Untuk penanggulangan kasus HIV yang marak terjadi di daerah itu, pihaknya akan melakukan penyuluhan dan pembinaan.

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonlinea