3 Penyakit Ini Mengancam Melalui Tangan

Tangan-cantik.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE - Tahukah Anda, tangan merupakan media penularan berbagai penyakit. Meskipun tidak terlihat kotor namun tangan menjadi tempat bersarangnya berbagai jenis bakteri dan menjadi tempat penyalur kuman penyebab timbulnya berbagai penyakit.

 

Ada baiknya untuk selalu mencuci tangan dengan sabun agar terhindar dari resiko akibat masuknya kuman ke dalam tubuh yang menyebabkan berbagai penyakit. Ketahuilah, ada tiga jenis penyakit utama dan tidak bisa dianggap remeh yang penularan kumannya melalui tangan. (BACA: Ingin Kulit Sehat? Ini Makanan Harus Anda Konsumsi)

 

Berikut penjelasan dari dr. Atika Anggota Redaksi Medis Kedokteran Umum KlikDokter.com.

 

1. Penyakit saluran pencernaan.

 

Penyakit yang bersumber dari makanan yang terkontaminasi ini sangatlah tinggi. Makanan yang berisiko terkontaminasi kuman penyakit ini seperti daging mentah, buah-buahan, dan sayur-sayuran.

Jika kebersihan tangan dalam memasak tidak terjaga maka kuman akan bertambah, terlebih lagi orang yang mengkonsumsi tidak membersihkan tangannya terlebih dahulu.

Adapun gejala yang ditimbulkan adalah mual, muntah, nyeri perut, perut kembung, diare berlendir, diare berdarah, dan diare sangat encer seperti air keran.


Beberapa jenis kuman yang menjadi penyebab penyakit ini misalnya Campylobacter sebagai penyebab diare dan merupakan pembunuh nomor satu untuk anak usia di bawah lima tahun. (LIHAT: Anak Muda Punya Kolesterol Tinggi, Ini Penyebabnya)

 

Selain itu, beberapa kuman lainnya seperti salmonella penyebab penyakit tifoid, rotavirus penyebab tersering anak terserang diare, shigella yang menyebabkan diare berdarahtau penyakit disentri, hepatitis virus yang menjadi penyebab hepatitis A dan E.coli penyebab penyakit diare. Beberapa penyakit tersebut angka kejadiannya semakin bertambah.

 

2. Penyakit saluran pernapasan

 

Penyebab terjadi infeksi pernapasan 69 persen disebabkan oleh virus. Virus merupakan penyakit yang sifatnya sel-limiting disease (dapat disembuhkan sendiri oleh tubuh), dibantu oleh daya tahan tubuh yang baik.

 

Penyakit ini sebenarnya tergolong ringan, namun bisa menyebar ke organ sekitar sehingga menyebabkan beberapa komplikasi. Umumnya gejala-gejala yang dirasakan adalah batuk, pilek, beringus, hidung tersumbat, nyeri sinus, nyeri tenggorokan dan seterusnya.

 

3. Penyakit kulit dan jaringan penunjang

 

Penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi dapat terjadi di rumah maupun di lingkungan. Penyebab tersering terjadinya infeksi kulit dan jaringan lunak adalah bakteri stafilokokus aureus. Jika bakteri tersebut menyerang orang yang memiliki pertahanan tubuh yang lemah dapat menyebabkan terjadinya bakteremia atau penyebaran bakteri keseluruh tubuh melalui darah bahkan dapat menyebabkan kematian.

 

Beberapa jenis infeksi kulit yang penularan kumannya melalui tangan adalah bisul bernanah, radang selaput putih mata (konjungtivitis) dengan gejala mata gatal, berair, kemerahan, perih, dan silau. Selain itu, infeksi lainnya seperti radang kelopak mata (blefaritis) dengan gejala kelopak mata merah, bengkak, dan nyeri. Adapun yang lainnya adalah luka yang sulit sembuh dan luka yang basah dan berair.

 

"Beberapa penyakit di atas terkesan seperti penyakit yang lumrah terjadi sehari-hari, namun sesungguhnya penyakit tersebut dapat dicegah dengan cara sederhana, yaitu rutin mencuci tangan dengan sabun dalam teknik dan lama waktu yang tepat." Ujar Atika