2016, Riau Bakal Impor Beras, Ini Alasannya

beras-bulog.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Riau memprediksi pada tahun 2016 Riau akan kembali impor beras.

 

Hal ini terjadi menyusul ramalan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang menyebutkan bakal terjadi musim kemarau panjang pada tahun 2016 mendatang hampir merata di seluruh wilayah Riau. Maka angka impor Indonesia diperkirakan kembali melonjak pada tahun depan.

 

"Soal importir dan berapa banyaknya sih tergantung dari iklim kita. BMKG kan prediksi kalau tahun depan kita bakal mengalami anomali cuaca yaitu kemarau panjang atau Elnino," ungkap kepala Disperindag Prov Riau, Firdaus ketika ditemui, Senin (28/12/2015). (KLIK: Libur Akhir Tahun, Polda Riau Keluarkan Empat Tilang Setiap Jam)


 

Iklim kemarau panjang menurut Firdaus, akan membuat proses pertanian dan perkebunan akan menurun drastis. Buruknya pertanian menjadi berdampak langsung pada hasil pertanian yang merupakan bahan pangan.

 

"Langkah impor itu merupakan antisipasi bagi kita untuk menutupi jumlah pasokan pangan yang kurang jika kemarau panjang terjadi lagi. Kalau untuk jumlahnya tergantung pada seberapa buruk Elnino itu dampaknya pada pertanian kita," ujarnya.

 

Firdaus berharap iklim pada tahun 2016 tak seburuk dari prediksi BMKG, karena menurutnya hal itu akan membuat kesulitan tersendiri bagi masyarakat khususnya Riau. "Ya kita berharap semoga prediksi itu meleset dan semuanya baik-baik saja," demikian ungkapnya