Beruntunglah Anda Penyuka Petai. Ini Manfaatnya

Petai-Hijau.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINEDibalik aroma bau yang dihasilkan makanan ini usai mencicipinya secara nikmat, petai ternyata memiliki rahasia dan manfaat luar biasa bagi tubuh kita. 

 

Rahasia yang terkandung dalam petai adalah nutrisi. Seperti asparagus, petai mengandung asam amino memberikan bau khas dan kuat pada air seni. Efek ini dapat bertahan hingga dua hari setelah dikonsumsi.

 

Seperti jenis kacang-kacangan lainnya, karbohidrat kompleks terkandung di dalam petai dapat menyebabkan bau kuat pada flatus (buang angin) seseorang. (Baca Juga: Luar Biasanya Petai Bisa Obati Penyakit

 

Asam amino yang banyak terdapat pada petai kaya akan unsur nitrogen dan sulfur akan diubah menjadi gas, yaitu amoniak (NH3) dan Hidrogen Sulfida (H2S).

 

Ini menyebabkan kentut menjadi bau. Petai juga akan memberikan aroma pada bau mulut setelah Anda mengonsumsinya. Karena berbagai alasan inilah maka sebagian orang memilih untuk tidak mengonsumsi petai.

 

Namun, dr Dayen Tri Rejeki Herdiana, Anggota Redaksi Medis Kedokteran Umum KlikDokter.com, mengatakan, di balik baunya yang dianggap mengganggu, petai memiliki manfaat sangat banyak.

 

"Dibanding apel, petai memiliki protein empat kali lebih banyak, karbohidrat dua kali lebih banyak, tiga kali lipat fosfor, lima kali lipat vitamin A dan zat besi, dan dua kali lipat jumlah vitamin dan mineral lainnya," tutur Dayen dilansir dari klikdokter.com. (Klik Juga: Supernya Manfaat Si Buah Naga

 

Petai juga merupakan sumber energi, setidaknya terdapat 142 kkal per 100 g biji. Kandungan fosfor pada petai juga cukup baik, yaitu 115 mg per 100 g biji.

 


Petai juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi, yaitu 46 mg per 100 g biji. Peran vitamin C terutama adalah dalam proses penyem¬buhan luka serta daya tahan tubuh melawan infeksi dan stres. 

 

"Namun jangan salah, tanaman yang termasuk suku polong-polongan (Fabaceae) ini memiliki banyak kegunaan pada tubuh," jelasnya. (Lihat Juga: Wajah Anda Ada Flek Hitam? Coba Cara Ini Tanpa Krim Wajah

 

Kegunaan lainnya antara lain :

 

- Slain kandungannya sangat lengkap, petai juga mengandung tryptophan, asam amino di dalam tubuh menghasilkan serotonin. Serotonin sendiri merupakan zat membuat seseorang merasa rileks dan bahagia, menurunkan stress, serta mampu mengendalikan mood. 

 

 

Petai mengandung gula alami yang mampu menjadi sumber tenaga instan namun memiliki efek yang besar

 

- Kandungan seratnya yang tinggi sangat baik untuk pencernaan. Petai mampu menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi pada lambung dengan melapisi permukaan dalam lambung. 

 

- Menurut riset dalam “The New England Journal of Medicine”, makan petai sebagai bagian dari makanan sehari-hari akan menurunkan risiko kematian karena stroke sampai 40 persen. 

 

- Petai mampu mengatasi Premenstrual Syndrome (PMS) yang umumnya dapat sangat mengganggu

 

- Kandungan zat besi yang cukup tinggi dapat menstimulasi produksi sel darah merah dan mencegah terjadinya anemia

 

- Perannya sebagai antioksidan mampu mencegah berbagai radikal bebas dalam tubuh akibat dari makanan tidak sehat maupun lingkungan yang kotor merusak jaringan tubuh

 

- Kandungan seratnya yang tinggi pun mampu mencegah terjadinya sembelit

 

- Tingginya kadar kalium dapat petai akan membantu untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, mengatur detak jantung, dan membantu mengirimkan oksigen ke otak

 

- Tidak dinyana bukan makanan yang murah meriah dan sering kita abaikan itu ternyata mengandung banyak manfaat bagi tubuh. Berminat mencicipi sambal goreng petai?

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline