Ternyata Rossi Pernah Ingin Hengkang ke F1 Bersama Ferrari

Valentino-Juara-di-Podium.jpg
(FANPAGE FACEBOOK/VALENTINO ROSSI)

RIAUONLINE - Pebalap Movistar Yamaha Valentino Rossi ternyata pernah ingin menjadi pebalap F1 bersama Ferrari. Rossi sempat beberapa kali dikabarkan akan hengkang ke ajang F1. Pebalap asal Italia sempat beberapa kali menjalani tes bersama Ferrari pada 2006. CEO Formula One Group, Bernie Ecclestone menganggap Rossi telah mengambil keputusan yang tepat untuk tetap berkarier di MotoGP.

 

"Di balap motor, dia selalu berada di level atas, baik prestasi dan pendapatan. Sementara di F1 dia harus memulai dari nol. Dia melakukan keputusan yang tepat untuk tidak pindah," ucap Ecclestone. (KLIK: Marquez Angkat Bendera Putih, Ajak Rossi Berdamai)

 

Bernie Ecclestone, mengomentari insiden yang melibatkan dua pebalap MotoGP, Valentino Rossi dan Marc Marquez, di GP Malaysia, 25 Oktober lalu. Ecclestone menegaskan Rossi pasti akan mendapat hukuman diskualifikasi atas manuvernya terhadap Marquez jika tampil di ajang F1.

 

Race director MotoGP hanya menghukum Rossi start dari posisi belakang pada seri terakhir MotoGP di Valencia, Spanyol, 8 November lalu. Sementara hasil finis di posisi ketiga Rossi pada GP Malaysia tidak dihapus pihak MotoGP. (LIHAT: Dalam Diam, Valentino Rossi Masih Kesal)

 


Berbicara kepada Gazzetta dello Sport, Ecclestone mengatakan hukuman yang didapat Rossi terlalu ringan. Ecclestone mengklaim, jika Rossi tampil di ajang F1 dan melakukan pelanggaran seperti yang dilakukannya di GP Malaysia, maka The Doctor akan langsung didiskualifikasi.

 

"Pasti. Rossi pasti akan didiskualifikasi. Jika tidak, dia akan mendapatkan bendera hitam," ujar Ecclestone seperti dilansir Autosport. Sebagaimana dikutip RIAUONLINE.CO.ID dari laman CNN Indonesia.

 

Ecclestone mengatakan, kasus Rossi dan Marquez di MotoGP 2015 merupakan peringatan bagi F1. Pria asal Inggris itu akan berusaha memastikan kasus serupa tidak akan terjadi di ajang F1. (BACA: Pedrosa Sudah Tak Sabar Membalap di Indonesia)

 

"Misalnya, Ferrari berada di jalur menjadi juara dunia dan Mercedes mengadang dengan salah satu tim yang menggunakan mesin mereka. Lalu, apa yang akan terjadi?" ucap Ecclestone.

 

Sejumlah pebalap F1 juga sempat mengomentari insiden yang melibatkan Rossi dan Marquez. Pebalap Ferrari, Sebastian Vettel, mengklaim Rossi telah mengambil langkah yang tepat.

 

Sementara pebalap Williams asal Brasil, Felipe Massa, mengatakan, "Saya penggemar Rossi, tapi dia melakukan kesalahan."