Legenda Sumiati Kini Diangkat ke Layar Lebar

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU  -  Kisah tentang hantu Sumiati yang melegenda selama berpuluh tahun, kini ‘hidup’ kembali.  Cerita tentang Hantu Sumiati  punya banyak versi. Film ini merangkum  cerita yang ada dalam masyarakat Makassar dan sekitarnya, dalam sebuah film horror yang  tidak biasa. Ada ketegangan, ketakutan, tapi juga penuh air mata.

 

Wachyudi Mucksin, publisher Film Sumiati mengungkapkan, film  yang digarap sineas Makassar Syahrir Arsyad Dini atau akrab disapa Rere akan tayang di bioskop di Indonesia, mulai 26 November 2015. Film yang syuting di Sulawesi Selatan ini, tayang di puluhan  kota besar di Indonesia, sSeperti Jakarta, Tangerang, Medan, Bogor,  Bandung, Surabaya, Jogjakarta, Banjarmasin, Samarinda, Makassar, Palu, Gorontalo, Manado, Kendari dan Pekanbaru.  Selain di Cinema XXI, Film Sumiati juga hadir Blitz, Platinum, dan Cinemax.

 

Wachyudi Muchsin, publisher film Sumiati mengungkapkan , film ini  diperankan oleh aktris penuh talenta, Dinda Surbakti (Sumiati). Hidup dalam kesederhanaan, Sumiati yang jelita, menjadi anak yang  patuh dan penurut pada orangtua. Suatu hari, ia dijodohkan dengan seorang pelaut. Pesta meriah dalam adat Bugis Makassar dilangsungkan. Sumiati  berjanji akan setia meski suami yang duduk di pelaminan adalah pria pilihan ibunya.

 

Toh nasib baik  tak berpihak pada Sumiati. Tiga hari setelah pesta pernikahan, ia diperkosa empat pemuda. Di tangannya masih tergambar lukisan henna. Sumiati masih menyimpan janji setia pada sang suami.  Peristiwa mengerikan itu menjadi mimpi buruk hingga akhirnya Sumiati memilih jalan sendiri; gantung diri demi sebuah harga diri.

 

Sejak awal film, penonton sudah dikejutkan dengan hantu laki-laki yang selalu muncul dalam mimpi Jeyhan Kler.  Jeyhan memerankan adik salah satu pemerkosa Sumiati. Peran Jeyhan cukup penting karena dari rasa penasarannya ia akhirnya menemukan lelaki (Abd Rojak) yang hidup menyendiri di salah satu kampung di Kabupaten Maros, Sulsel. (BACA JUGA: Heboh, Senam Aerobik Berbikini di Mal)


 

Dari cerita yang dituturkan Rojak, Jeyhan akhirnya tahu dan paham kenapa roh kakak kandungnya yang dibunuh dengan cara tragis tak pernah tenang di alam kubur.

 

Jeyhan jauh-jauh datang dari Jakarta untuk menyingkap kisah yang terkubur bertahun-tahun silam itu.  Tentang hantu perempuan cantik yang gentayangan dan balas dendam pada pemerkosanya. Di sinilah, ujian keikhlasan seorang suami yang masih terus diikuti roh istri tercinta benar-benar tergambarkan dengan sempurna.  Bahwa cinta dan keikhlasan sesungguhnya tak terpisahkan. Bahkan oleh maut sekalipun.

 

“Meski bergenre horor ada kisah cinta yang menyentuh dalam  film ini. Ada pesan yang ingin disampaikan mengenai makna sebuah keikhlasan,” jelas Wachyudi dalam rilis yang diterima RIAUONLINE.CO.ID, Rabu (25/11/2015). 

  

Judul Film:  SUMIATI; The Urband Legend

Produksi: Paramedia

Sutradara: Syahrir Arsyad Dini , Produser: Hendra Sirajuddin

Riset: Sunarti Sain

Pemain: Dinda Surbakti, Abdul Rojak, Ade Fitriani, Jeyhan Kler

Tayang: 26 November 2015 di XXI, 21, Cinemax, Blitz, Platinum

Publiser: Wachyudi Muchsin

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline