22 Situs Lagu Diblokir, Konten Ilegal Rugikan Rp6 Miliar Per Hari

RIAU ONLINE, JAKARTA - Kerugian yang ditimbulkan akibat peredaran situs musik ilegal mencapai Rp6 miliar per hari atau Rp2,16 triliun setahun. Perang terhadap peredaran situs yang memuat konten ilegal terus digalakkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Kementerian yang dipimpin Rudiantara ini memblokir akses 22 situs yang memungkinkan pengguna mengunduh musik bajakan.

 

Menurut Toto Widjojo, Anggota Dewan Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (ASIRI), kalkulasi kerugian itu atas dasar lagu yang paling murah, dengan banderol Rp 1.000 per lagu.

 

"Kita pernah melakukan survei dimana diprediksi ada 6 juta download per hari. Kalau kita ambil saja harga lagu yang paling rendah Rp 1.000 per lagu maka (kerugiannya) mencapai Rp6 miliar per hari," ungkap Toto.

 

Dalam sebulan artinya, kerugian yang dihasilkan bisa mencapai Rp180 miliar. Dan kalau setahun berarti tembus angka Rp2,16 triliun!


 

"Itu kalau kita membulatkan dari harga terendah Rp1.000 per lagu. Jika kita berbicara di iTunes, harganya sekitar Rp3.000 - Rp7.000 per lagu. Jadi bisa dibayangkan kerugian kita per tahun," keluhnya dalam jumpa pers penutupan 22 situs musik ilegal di Kementerian Komunikasi dan Informatika, Senin (23/11/2015).

 

Toto pun berharap aksi pihak berwajib untuk memberantas situs yang memuat konten musik ilegal tak berhenti sampai di sini. Sebab diyakini masih ada puluhan situs penyedia musik bajakan lainnya yang masih beroperasi.

 

"Jadi saya mohon dukungan dari Kominfo untuk menindaklanjuti situs-situs lainnya, dari ASIRI kami akan terus melakukan dukungan melalui HaKI. jadi setelah situs porno akhirnya situs musik ilegal ini bisa diblokir," pungkasnya seperti dilansir Detik.com.

 

Sebanyak 22 situs musik ilegal yang diblokir Kementerian Kominfo tersebut, yaitu:

1. Laguhit.com
2. Mp3days.net
3. Weblagu.com
4. Wapkalagu.com
5. Iozmusik.com
6. Lagu.in
7. Carilagu.net
8. Bursalagu.com
9. Beemp3s.org
10. Arenalagu.com
11. Saranmu.com
12. Tubidy.im
13. Stafaband.info
14. Memomp3.com
15. Zinzhu.com
16. Mp3take.com
17. Kumpulbagi.com
18. Onlagump3.info
19. Newlagump3.com
20. Targetlagu.com
21. Musik-corner.info
22. Musicxplor.com

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline