Pagi Ini, Jusuf Kalla Buka Kongres HMI Ke-29

Wapres.jpg
(Internet)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pagi ini, Wakil Presiden Jusuf Kalla dijadwalkan membuka Kongres Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ke-29, di Hotel Labersa, Kampar. Rombongan Wapres akan tiba sekitar pukul 09.00 WIB.

 

"Pak Jusuf Kalla akan membuka kongres pagi ini di Hotel Labersa," kata Ketua Pelaksana Nasional Kongres HMI, Fatharyanto, Minggu (22/11/2015).(Baca Juga: Rp 3 Miliar untuk HMI tidak Bisa Dibatalkan)

 

Sudah tampak hadir di Pekanbaru para alumni HMI Riau seperti Ketua Badan Pemeriksa Keuangan RI Azhar Azis dan Ketua Presidium Nasional KAHMI Mohammad Mahfud MD. Mereka disambut Pelaksana Tugas Gubernur Riau dan para tokoh masyarkat Riau.

 

Kongres HMI ke-29 di Pekanbaru sejak awal menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Acara yang berlangsung pada 22 hingga 26 November itu mendapat kucuran Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Riau (APBD) Riau sebesar Rp3 miliar. Secara total, kongres HMI menelan biaya hingga Rp7 miliar. (KLIK JUGA: Massa HMI: Rp 3 Miliar Tidak Sebanding Dengan Pelayanan)


 

Panitia mengaku memperoleh anggaran dari para alumni, Pengurus Besar dan pemerintah daerah. "Kami juga bekerja sama dengan maskapai Lion Air untuk transportasi peserta kongres," ujar Fatharyanto.

 

Kongres HMI yang digelar di Pekanbaru, Riau menuai protes karena memakai duit Rp 3 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Riau. Alokasi dana fantastis dari bantuan sosial yang dikucurkan untuk Kongres HMI itu bahkan lebih besar dibanding anggaran pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Riau tahun 2015 yang hanya Rp1,4 miliar.

 

"Anggan kongres ini sangat tidak masuk akal," kata koordinator Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Riau.

 

Silakan ikuti terus dinamika Kongres HMI di Pekanbaru dengan klik di sini

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline