Android Anda Lambat? Ini cara Mengatasinya

main-HP.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Pernahkah smartphone android Anda mengalami kondisi pengurangan performa? Ketika digunakan, tiba-tiba jadi melambat.

 

Nah bagaimana cara memperbaiki agar smartphone kembali memiliki performa yang baik seperti sedia kala? Perhatikan tips berikut.

 

1. Hapus dan nonaktifkan aplikasi yang tidak perlu
Salah satu keunggulan sistem operasi Android adalah, Anda dapat menemukan jutaan aplikasi gratis dan tanpa Anda sadari, Aplikasi yang terinstal di perangkat Anda sangatlah banyak. Kebayakan dari kita tidak berfikir dahulu seberapa penting aplikasi yang akan kita instal, karena di Play Store memang banyak sekali aplikasi yang menggoda untuk di download, karena kebanyakan dari mereka dapat diinstal secara gratis.

 

RAM dan menguras daya baterai secara terus menerus karena aplikasi yang berjalan di latar belakang juga memerlukan kinerja CPU. Anda dapat menggunakan manajer aplikasi yang ada di dalam pengaturan atau tekan icon aplikasi yang ada di home screen atau app drawer beberapa detik, setelah itu Anda bisa menariknya ke pilihan uninstall. (BACA JUGA: Anda Selalu Rugi Beli Produk? Ayo Laporkan ke Sini)

 

2. Bersihkan cache data
Apakah sebelumnya Anda belum mengetahui apa itu cache? Sebenarnya fungsi cache baik bagi perangkat kita, karena fungsinya dapat mempercepat kinerja perangkat. Dengan menyimpan data secara lokal maka sistem dapat mengurangi waktu loading dan mengurangi kebutuhan mengambil bit yang sama dari internet setiap kali Anda mengakses situs web atau aplikasi.



Nah, masalahnya banyaknya cache dapat menumpuk dan memenuhi ruang penyimpanan internal perangkat Anda. Cobalah menghapus cahce tersebut beberapa saat agar cache tidak menumpuk di penyimpanan internal yang dapat mengurangi performa perangkat Android Anda. Cara membersihkannya cukup mudah, banyak aplikasi pembersih tembolok yang tersedia secara gratis di Play Store, salah satunya adalah Clean Master.

 

3. Bersihkan ruang penyimpanan internal
Mengisi memori internal dengan banyak musik, foto, maupun video juga dapat menurunkan performa perangkat Android Anda. Jadi, bijaklah dalam menggunakan memori internal, jagalah memori Anda serapi mungkin. Seleksi file apa saja yang Anda butuhkan dan yang Anda harus simpan di perangkat Anda dan jangan simpan terlalu banyak file kedalam perangkat Anda jika file tersebut tidak memiliki alasan yang cukup kuat untuk di simpan di perankat Android.

 

4. Singkirkan Widget dari home screen
Widget memanglah sangat menarik, tak hanya interaktif, fungsi widget juga dapat mempercantik home screen perangkat Android kita. Namun widget juga dapat menjadi penguras daya baterai dan memori, serta juga dapat memperlambat perangkat Anda karena widget juga memerlukan ruang di memori RAM dan kinerja dari CPU. Namun bukan berati kita harus menyingkirkan semua widget, gunakan widget sesuai kebutuhan utama Anda, semisal widget cuaca dan kalender yang Anda butuhkan untuk mendapatkan info secara praktis.

 

5. Buang Live Wallpaper
Ini merupakan fitur yang keren untuk perangkat Android, dengan menghadirkan wallpaper yang atraktif, live wallpaper juga dapat mempercantik tampilan perangkat Android Anda. Namun perlu digaris bawahi, penggunaan live wallpaper memakan kinerja CPU dan RAM yang cukup tinggi, ini juga dapat berpengaruh terhadap daya tahan baterai yang semakin cepat terkuras. Bukan masalah yang besar bagi smartphone berspesifikasi tinggi, namun sangat menjadi penguras daya ketika Anda menggunakan live wallpaper pada perangkat menengah ke bawah. Cobalah untuk memilih Wallpaper biasa dengan warna yang tidak begitu cerah namun tetap memiliki daya tarik.

 

6. Usahakan perangkat Anda mendapat software yang terbaru
Seringkah Anda mengabaikan pembaruan software sehingga notifikasi sering muncul di status bar Anda? Pembaruan software tidak selalu melulu membawa fitur baru, kebanyakan dari pembaruan OTA adalah memperbaiki bug dan menningkatkan kinerja perangkat Android. Jadi, pastikan perangkat Anda selalu mendapatkan software yang terbaru.


7. Mengembalikan ke pengaturan pabrik (factory data reset)
Jika tips-tips diatas tidak memberikan peningkatan performa terhadap perangkat Anda, pilihan terakhir untuk mendapatkan kembali performa seperti pertama kali Anda menggunakan perangkat Android adalah dengan cara mengembalikan pengaturan pabrik atau factory data reset. Namun perlu diingat, bahwa melakukan reset pada perangkat Android akan menghapus seluruh data pada perangkat, termasuk aplikasi, kontak, dan lain-lain. Jadi, pertimbangkan kembali jika Anda ingin melakukan factory data reset.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline


Sumber: Berita Teknologi