Buncit? Waspadalah, Lemak Perut Picu Kematian

perut.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE - Mulai kini anda mesti waspada, menyusul bertambahnya usia saat itu juga semestinya harus menjaga pola hidup sehat. Semakin tua, banyak orang menumpuk lemak di bagian tengah tubuh mereka atau kondisi yang disebut dengan spare tires. Kini dikabarkan obesitas jenis itu bisa meningkatkan risiko kematian secara drastis.

 

Dilansir VOA Indonesia, sebuah penelitian baru mendapati bahwa orang-orang dengan berat badan normal atau orang yang kurus yang mempunyai banyak lemak di perut, dan pinggang mereka lebih besar daripada pinggul mereka, mempunyai tingkat kematian lebih tinggi, bahkan jauh lebih tinggi daripada orang-orang yang sangat gemuk.

 

Pria dengan perut buncit kemungkinan meninggal lebih cepat dua kali lipat lebih tinggi daripada seorang pria yang kegemukan. Biasanya pria berperut buncit meninggal karena penyakit jantung. Sementara perempuan yang mempunyai spare tires, risiko kematiannya 1,5 kali lebih besar. (KLIK: Anda Berperut Buncit? Begini Cara Bikin Langsing)

 

Penelitian tersebut, yang dipublikasikan di jurnal Annals of Internal Medicine, meneliti data kesehatan yang dikumpulkan dari 15.000 individu.

 

Francisco Lopez-Jimenez, seorang ahli jantung di Mayo Clinic di Rochester, Minnesota, adalah pemimpin tersebut.


 

Ia mengatakan orang-orang dengan ukuran normal, kecuali di bagian tengah tubuh mereka, keadaan yang disebut obesitas sentral, cenderung kurang aktif.

 

“Karena berat badan mereka normal, mereka tidak harus melakukan banyak hal terkait berat badan mereka dan kemungkinan besar mereka kurang olahraga, keluar rumah dan aktif melakukan kegiatan serta makan makanan yang sehat," kata Lopez-Jimenez.

 

Lopez-Jimenez mengatakan lemak di daerah pinggang menekan organ-organ vital, dan memaksa organ-organ tersebut bekerja lebih keras. Lemak perut juga kurang aktif secara metabolik, yang artinya tidak bisa memproses gula dengan baik, dan bisa menimbulkan diabetes.

 

Lopez-Jimenez mengatakan bukan berarti mereka harus menambah berat badan untuk menyebarkan distribusi lemak ke seluruh tubuh.

 

Justru ia mengatakan hal yang paling sehat yang harus dilakukan orang-orang dengan obesitas sentral adalah tidak banyak makan junk food dan banyak latihan, dengan membentuk otot di lengan serta kaki mereka.

 

“Otot mendapat asupan dari gula. Jadi semakin banyak otot yang mereka miliki, semakin banyak gula yang diproses," ujarnya.

 

Orang-orang dengan berbagai berat badan disarankan untuk melakukan olahraga setidaknya tiga kali seminggu.