Tarif Listrik Berdaya 450 VA Tak Jadi Naik

logo-PLN.jpg
(INTERNET)

 

RIAU ONLINE, JAKARTA - Tarif untuk pengguna listrik berdaya 450 volt-ampere tidak akan berubah. Karena sebagian besar penggunanya adalah masyarakat miskin.

 

Demikian dikatakan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said di Jakarta seperti dikutip dari laman Tempo.co, Senin (8/11/2015). "Rapat kabinet terbatas pekan lalu memutuskan bahwa pengguna 450 VA tidak akan ada perubahan karena sebagian besar penggunanya adalah masyarakat miskin dan rentan miskin," ucapnya. (BACA JUGA: Kekerasan Seksual Jadi Isu Utama Konsolidasi Nasional FPBEMSI)

 

Sedangkan untuk pengguna berdaya 900 VA kini masih disisir dengan pencacahan langsung untuk menentukan pengguna yang benar-benar miskin dan layak diberikan subsidi.

 

Namun usaha kecil yang menggunakan daya 900 VA tetap akan dimasukkan ke dalam daftar penerima subsidi untuk membantu usahanya.


 

Dalam kesempatan serupa, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jarman menuturkan sebagian besar dari sekitar 25 juta pengguna listrik berdaya 450 VA merupakan masyarakat miskin, sehingga diputuskan mereka tetap menerima subsidi. (KLIK JUGA: Kantor BKR Bekas Sekolah Jepang di Jalan Ahmad Yani)

 

Sedangkan 70 persen dari sekitar 20 juta pelanggan PLN yang menggunakan daya 900 VA merupakan masyarakat mampu. Jadi untuk memastikan masyarakat yang miskin dan pelanggan PLN yang mampu perlu pencocokan data antara PLN dan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan.

 

Pencocokan data tersebut, ujar dia, membutuhkan waktu empat bulan, sehingga penerapan pencabutan subsidi untuk pengguna daya 900 VA ditunda.

 

Jarman juga memastikan pemerintah menunda pencabutan subsidi tarif dasar listrik hingga enam bulan mendatang karena masih menunggu data dari tim pendata kemiskinan.

 

Sebelumnya, pemerintah berencana mencabut subsidi listrik untuk pengguna daya 450 VA dan 900 VA dengan memindahkan ke daya 1.300 VA hingga akhir 2015 agar subsidi listrik tepat sasaran.

 

Dalam rencana awal tersebut, pelanggan 900 VA akan dinaikkan ke 1.300 VA hingga akhir 2015. Sedangkan untuk pelanggan daya 450 VA akan dipindahkan pada tahun selanjutnya setelah pelanggan 900 VA selesai dipindahkan.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline