Mulailah Hidup Sehat, 5 Langkah Ini Mencegah Strok

langsing-diet-olahraga.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE, JAKARTA - Ahli kesehatan sepakat bahwa penyakit stroke dapat dicegah. Salah satunya dengan menerapkan gaya hidup sehat. "Stroke tergolong penyakit yang merusak, tapi kita tahu 50 persen penyakit ini bisa dicegah," kata kardiolog dari St. George's Univesity di London, John Camm.

 

Berikut terdapat lima langkah yang disarankan para ahli untuk mengenyahkan stroke seperti dilansir Medical Daily. Sebagaimana dikutip RIAUONLINE.CO.ID dari laman Tempo.co.

 

1. Berhenti merokok

Langkah pertama mengubah kebiasaan hidup menjadi lebih sehat ialah melempar jauh-jauh rokok. Produk tembakau ini berhubungan dengan sejumlah masalah kesehatan seperti kanker, penyakit jantung, dan lainnya.

 

Merokok bisa meningkatkan trigliserida dalam darah, menurunkan kadar kolesterol baik (HDL), merusak lapisan aliran darah dan menyumbat aliran darah.

 

2. Rutin berolahraga


Sebuah studi baru-baru ini menemukan, berjalan dua jam per hari bisa mengurangi risiko perempuan menderita stroke sekitar 50 persen. Lebih dari itu, aktif melakukan aktivitas fisik bisa meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan menurunkan tekanan darah--kedua hal ini berhubungan erat dengan risiko stroke.

 

3. Jaga berat badan ideal

Obesitas atau kelebihan berat badan berhubungan dengan risiko terjadinya diabetes, penyakit jantung dan stroke. Pertahankan berat badan ideal Anda.

 

4. Makan makanan sehat

Penelitian telah memperlihatkan konsumsi buah-buahan dan sayuran lalu kacang-kacangan serta ikan mampu mengurangi risiko stroke secara signifikan.

 

5. Rileks

Jika Anda merasa terlalu banyak kebiasaan buruk yang harus diubah demi hidup sehat, hal pertama yang perlu Anda lakukan ialah rileks dan kurangi stres. Penelitian menemukan stres yang tinggi berhubungan dengan tekanan darah yang lebih tinggi dan ini memunculkan risiko stroke lebih besar, terutama pada perempuan.

 

Bila stres tengah melanda, coba perlahan kurangi kadarnya misalnya dengan melakukan hal-hal sederhana tapi Anda sukai seperti mandi, berjalan-jalan, pergi ke pusat kebugaran, dan lainnya. "Saya sangat menyarankan perlunya melakukan gaya hidup lebih sehat dan berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui faktor risiko lain yang mungkin Anda perlu perhatikan," kata Camm. (KLIK: Tidurlah Yang Cukup, Ini Manfaatnya)

 

Pada perempuan misalnya, lanjut dia, denyut jantung tak beraturan, bisa mengarah ke stroke, tekanan darah tinggi, risiko diabetes, depresi, dan obesitas yang lebih besar. "Mendapatkan pemeriksaan kesehatan kardiovaskular bisa membantu perempuan menurunkan risiko stroke lebih baik," ujar Camm.

 

Di samping itu, polusi udara, terapi pengganti hormon, perubahan hormon selama masa menopause, dan pil KB, diketahui juga menjadi faktor risiko stroke pada perempuan.