117 Titik Panas di Sumatera, Riau Masih Berpotensi Hujan

Kebakaran-Hutan-dan-Lahan.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Badan, Meteorologi dan Geofisika stasiun Pekanbaru menyebutkan, satelit Tera dan Aqua kembali memantau lonjakan titik panas di sejumlah wilayah Sumatera mencapai 117 titik. Jumlah tersebut jauh meningkat dari sebelumnya yang sempat menyusut 30 titik panas.

 

Sumatera Selatan masih menjadi daerah penyumbang titik panas terbanyak mencapai 94 titik. Sementara wilayah Riau masih berpotensi hujan pada sore dan malam hari. (KLIK: Aksi Insan Nusantara Peduli Korban Asap di Pekanbru)

 

"Titik panas terpantau pukul 07.00 pagi," kata Kepala Badan, Meteorologi dan Geofisika stasiun Pekanbaru, Sugarin Widayat, Kamis, (5/11/2015).


 

Menurut Sugarin, titik panas juga terpantau di daerah lainnya seperti Bangka Belitung 14 titik, Lampung enam titik dan Jambi empat titik. Sedangkan di Riau terpantau satu titik panas yakni di Indragiri Hilir. "Tingkat kepercayaan di Riau di atas 70 persen yakni satu titik panas," ujarnya. (LIHAT: Udara Membaik, Riau Tetap Siaga Kebakaran Hutan)

 

Sugarin menjelaskan, secara umum kondisi cuaca di wilayah Riau cerah berawan. Peluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang disertai petir terjadi di sebagian besar wilayah Riau. "hujan terjadi saat sore dan malam hari," jelasnya.

 

Kualitas udara di sejumlah wilayah Riau lumayan baik. Jarak pandang di Pekanbaru mencapai radius 3000 meter, Rengat 3000 meter, Pelalawan 3000 meter dan Dumai 4000 meter.