Pekanbaru Cerah, Asap Mulai Hilang, ISPU Sedang

Satu-Arah.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/SUCI AULYA)

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sinar matahari mulai dirasakan warga Pekanbaru setelah sekian lama tertutup kabut asap. Lantaran hujan deras beberapa hari berturut-turut, kualitas udara mulai membaik.

 

"Alhamdulillah, matahari pagi cerah sekali. Sudah lama tidak merasan seperti ini," kata Yola, warga Pekanbaru yang ditemui RIAUONLINE.CO.ID di kawasan Sukajadi, Pekanbaru, Jumat (30/10/2015).

 

Aktivitas warga pun kembali normal, tanpa menggunakan masker penutup hidung. Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) yang berada di depan Kantor Walikota Pekanbaru menunjukkan kualitas udara sedang.

 

Sejak Senin (26/10/2015) lalu, para murid pun kembali bersekolah. Suasana pagi di Jalan Pepaya, Pekanbaru, kembali ramai. Warga berseliweran mengantarkan anaknya ke sekolah. (KLIK JUGA: Arsyadjuliandi: Api di Riau Sudah Padam) 

 


"Dua keponakan saya sejak kemarin sudah bersekolah," kata Dwi Utami, seorang karyawan swasta di Pekanbaru.

 

Hujan dengan intensitas ringan-sedang yang mengguyur sejumlah wilayah di Riau selama tiga hari berturut-turut diklaim sangat membantu mengusir asap. Titik api di beberapa daerah pun terus padam. "Hujan sangat membantu kami padamkan api dan hilangkan asap," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Riau Edwar Sangar.

 

Meski demikian, tutur Edwar, satgas pemadam masih terus memantau di lokasi bekas lahan terbakar untuk melakukan tindakan mitigasi. "Hingga kini terus melakukan patroli dan pemadaman," katanya.(BACA JUGA: Usai Shalat Jumat, Buruh akan Kepung Istana)

 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Pekanbaru melaporkan, satelit Terra dan Aqua kembali memantau 115 titik panas di sejumlah wilayah di Sumatera. Jumlah tersebut meningkat jauh dibanding hari sebelumnya yang hanya enam titik. Sumatera Selatan masih menjadi daerah penyumbang titik panas terbanyak mencapai 77 titik, disusul Lampung dengan 28 titik, Sumatera Utara 3 titik, Bengkulu 1 titik, dan Jambi 1 titik.

 

"Sedangkan Riau terpantau lima titik panas dengan tingkat kepercayaan di atas 70 persen atau 3 titik panas," ucap Kepala BMKG Pekanbaru Sugarin Widayat.

 

Menurut Sugarin, secara umum, kondisi cuaca Riau berawan disertai kabut asap tipis. Peluang hujan dengan intensitas ringan-sedang disertai petir dan angin kencang terjadi di sebagian besar wilayah Riau. "Temperatur maksimum 33 derajat Celcius," ujarnya.

 

Kabut asap sisa kebakaran hutan dan lahan mulai menghilang. Jarak padang di beberapa daerah pun terus membaik, seperti Dumai dengan jarak pandang 10 ribu meter, Rengat 5.000 meter, Pelalawan 2.000 meter, dan Pekanbaru 2.000 meter.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline